Powered By Blogger

Selasa, 27 Desember 2011

Bahasa indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan.


Bahasa indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan.

Menurut pendapat saya,bahasa indonesia bisa menjadi bahasa ilmu pengetahuan.
Karena kosakata yang dimiliki oleh bahasa indonesia,sangat beragam dan mampu digunakan untuk menuangkan berbagai pemikiran dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Apalagi,bahasa indonesia telah digunakan dalam proses transfer ilmu pengetahuan di berbagai jenjang pendidikan serta digunakan untuk menulis karya ilmiah seperti skripsi,tesis,dan disertasi.

Bahasa indonesia sebagai bahasa ilmu,adalah bahasa yang harus memiliki terminologi teknis,memiliki kemampuan sebagai pengungkap gagasan ilmiah yang mantiki atau sesuai logika-logika keilmuan,serta 
bahasa yang memiliki ragam teknis pada setiap bidang ilmu yang lengkapi dengan ejaan dan tanda baca yang baku bagi para ilmuan.

Kecanggihan bahasa indonesia sebagai bahasa ilmu dapat digunakan penggunanya pada level kecanggihan mana pun,sehingga bahasa indonesia setara dengan bahasa-bahasa ilmu lainnya,termasuk bahasa inggris.
Dalam perjalanannya,bahasa indonesia menjadi bahasa kokoh kapasitas dan kualitasnya. Terminologinya sudah dikembangkan secara luar biasa,sehinga setiap bidang ilmu sudah ada kamusnya masing-masing. Dalam berbagai paparan ilmiah,ilmuan sudah menggunakan bahasa  indonesia.

Syarat  bahasa indonesia bisa menjadi bahasa ilmu adalah ketika berfungsi menyampaikan ilmu pengetahuan dengan mudah. Dengan kata lain,ilmu tentang apapun jika disampaikan dengan bahasa indonesia dan bisa dipahami, maka bahasa indonesia telah sah menjadi bahasa ilmu.

Selain itu juga yang perlu di tekankan adalah bahasa yang komunikatif. Artinya bahasa yang digunakan sangat kontekstual. Karena itu, bahasa yang digunakan dalam buku harus akurat,tidak ambigu, dan bisa dimengerti. Bahasa yang tertulis dalam buku ilmiah yang akan menjadi jejak bagi bahasa indonesia sebagai ilmu.

Syarat untuk menjadikan bahasa indonesia tidaklah mudah,yakni bangga berbahasa indonesia,menggunakan bahasa indonesia untuk menerjemahkan buku-buku asing,memperbanyak padanan kata asing,serta mengembangkan bidang keilmuan khas indonesia. Pemenuhan berbagai syarat itu diharapkan mampu mengukuhkan bahasa indonesia sebagai ilmu.




6 komentar:

  1. izin copy yah,..... bermanfaat bgt nich buat aku,. kebetulan lg dpt tugas yg persis kegh artikel km. thanks yaaaaahhh......... ^_^ ;)

    BalasHapus
  2. saya kira bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa Ilmu Pengetahuan ya

    BalasHapus
  3. saya ingin mencari tentang pengertian pembelajaran bahasa indonesia tapi gak dpet2, mohon bantuannya admin!

    BalasHapus
  4. terima kasih artikelnya, sangat membantu ;)

    BalasHapus